Bercinta Sebelum Tidur Mampu Mencegah Insomnia

Rabu, 21 Februari 2018 - 22:32 WIB
Bercinta Sebelum Tidur Mampu Mencegah Insomnia
Bercinta Sebelum Tidur Mampu Mencegah Insomnia
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat hubungan seks bagi suami istri. Tak hanya membuat hubungan semakin intim, aktivitas ini juga diklaim dapat mencegah insomnia. Manfaat ini bisa didapat saat bercinta di malam hari, menjelang tidur.

Dilansir Elitedaily, penelitian ini menunjukkan pasutri yang rutin melakukan berhubungan seks akan lebih mudah tidur nyenyak tiga jam kemudian setelah melakukan aktivitas ini. Ahli Seks Laura Berman menilai berhubungan intim sebelum tidur bisa menjadi alternatif bagi mereka yang kurang tidur.

Berman mengatakan susah tidur telah menjadi masalah yang banyak dialami masyarakat saat ini, di mana efeknya bisa menyebabkan stres hingga depresi. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan berhubungan seks.

Menurutnya, bercinta akan membuat tubuh secara alami melepaskan neuropeptida atau endorfin. Endorfin merupakan zat yang dapat membuat seseorang lebih tenang. Karenanya, setelah berhubungan seks seseorang akan terasa lebih tenang.

Sebuah survei menunjukkan rata-rata wanita Inggris tidur kurang dari 80 menit setiap malam akibat stres. Kondisi lebih parah dialami wanita modern yang hanya tidur empat jam dan sisanya digunakan untuk bekerja atau menyelesaikan urusan rumah tangga, terutama mengurus anak.

"Itu semua berkaitan dengan produksi hormon saat berhubungan seksual," jelas Associate Professor of Medicine di Yale School of Medicine Saralyn Mark, MD.

Berhubungan seks juga mendorong produksi oksitosin yang membuat pasangan saling terkait. Bagi wanita, tingkat estrogen diketahui akan bertambah setelah berhubungan seks sehingga mereka akan lebih tenang dan tidur lebih nyenyak. Terapis Seks David McKenzie di Vancouver mengungkapkan, berhubungan seks membuat pelepasan biokimia pada pria yang dapat menghilangkan rasa lelah.

"Pria mungkin merasa lelah setelah berhubungan seks karena aktivitas fisik," ungkap Kenzie.

Saat menikmati sesi bercinta, pasangan pun akan menjadi mudah klimaks karena penghasil energi lebih yang membuat nyaman.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)